Ayu Lestari
D'Boss!

Hi I'm Ayu Lestari. The owner of this blog.Thankyou


Entries About Linkies Stuff


none

Put your CBOX codes here!

none

Template: ririn and Me
Basecodes: dinda Ayu Lestari
Others:   
Leaflet dan SAP Typhoid Fever

Yaps.. kali ini mau share tugas mata kuliah Promosi Kesehatan. yaaa begini lah kuliah di keperawatan, harus bikin leaflet macem kaya kuliah design grafis.




Baca selengkapnya »

Manajemen Mutu dalam Pelayanan Keperawatan


Masih ga ngerti berapa kali makalah ini harus di revisi
Baca selengkapnya »

Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan


mau posting tugas biologi gue dulu deh :

Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan

Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan terjadi di seluruh bagian tubuh, berbeda dengan tumbuhan yang terjadi hanya pada bagian tertentu saja, yaitu di daerah meristem. Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan diawali sejak terbentuknya zigot dari proses pembuahan dan terus terjadi hingga hewan mencapai usia dewasa. Dengan demikian pertumbuhan dan perkembangan pada hewan dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu fase embrionik dan fase pascaembrionik. Fase embrionik adalah pertumbuhan dan perkembangan yang dimulai dari zigot sampai terbentuknya embrio sebelum lahir atau menetas. Sedangkan fase pascaembrionik merupakan pertumbuhan dan perkembangan yang dimulai sejak lahir atau menetas hingga hewan itu dewasa.

1. Fase Embrionik
 
            Zigot terbentuk dari hasil pertemuan ovum dengan sperma (terjadi pembuahan/fertilisasi). Kemudian zigot mengalami pertumbuhan dan perkembangan dalam beberapa tahap, yaitu pembelahan zigot, tahap morula, blastula, gastrula, dan organogenesis.


 

a. Pembelahan zigot terjadi secara mitosis, yaitu dari satu sel menjadi dua sel, dua sel menjadi empat sel, empat sel menjadi delapan sel, delapan sel menjadi enam belas sel, dan seterusnya hingga tiga puluh dua sel. Sekumpulan sel yang terbentuk tersusun seperti buah anggur dan disebut sebagai morula. Pembelahan terus berlanjut sehingga terbentuk rongga di bagian dalam yang disebut blastosol. Fase ini disebut fase blastula.

b. Gastrula, merupakan hasil pertumbuhan dan perkembangan blastula yang ditandai dengan terbentuknya 3 lapisan embrionik, yaitu lapisan bagian luar (ektoderm), lapisan bagian tengah (mesoderm), dan lapisan bagian dalam (endoderm). Ketiga lapisan ini nantinya akan berkembang menjadi berbagai organ. Proses pembentukan gastrula ini disebut gastrulasi.

c. Organogenesis, merupakan proses pembentukan berbagai organ tubuh yang berkembang dari tiga lapisan saat proses gastrulasi.

Organ yang terbentuk dari ketiga lapisan ini adalah sebagai berikut. 1) Lapisan ektoderm, berkembang menjadi rambut, kulit, sistem saraf, dan indra. 2) Lapisan mesoderm, berkembang menjadi otot, rangka, alat reproduksi, alat peredaran darah, dan alat ekskresi. 3) Lapisan endoderm, berkembang menjadi alat pencernaan dan alat pernapasan.


2. Fase Pascaembrionik

Pertumbuhan pascaembrionik dimulai ketika hewan lahir atau menetas. Semua anggota tubuh mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Namun demikian kecepatan pertumbuhan dan perkembangan antara bagian tubuh yang satu dengan bagian tubuh yang lain tidak sama. Pertumbuhan ini tidak berlangsung terus-menerus, melainkan berhenti setelah mencapai usia tertentu. Perkembangan dimulai ketika alat kelamin telah mampu memproduksi sel-sel gamet.

Metamorfosis dan Metagenesis

Beberapa jenis hewan mengalami metamorfosis dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Beberapa jenis hewan yang lain mengalami metagenesis. Selain pada hewan, metagenesis juga terjadi pada tumbuhan.

1.      Metamorfosis

Pada beberapa jenis hewan, dalam pertumbuhan dan perkembanganya mengalami proses metamorfosis. Metamorfosis adalah peristiwa perubahan bentuk tubuh secara bertahap yang dimulai dari larva sampai dewasa. Metamorfosis terjadi pada serangga dan amfibi. Contoh hewan amfibi yang mengalami metamorfosis adalah katak. Pertumbuhan dan perkembangan katak diawali sejak terbentuk zigot. Zigot kemudian berkembang menjadi embrio. Satu minggu kemudian, terbentuklah larva yang sering kamu sebut kecebong/berudu. Awalnya kecebong bernapas dengan tiga insang luar, tetapi kemudian berganti menjadi insang dalam. Beberapa waktu kemudian terbentuk tutup insang dan kaki belakang. Setelah berumur tiga bulan, berudu mengalami metamorfosis yang ditandai terbentuknya paru-paru dan empat kaki, hilangnya insang dan ekor, lalu menjadi bentuk katak. Sifat berudu berbeda dengan sifat katak. Berudu hidup di air sebagai herbivora, sedangkan katak hidup di darat bersifat karnivora.

Serangga yang baru menetas berwujud larva. Beberapa jenis serangga seperti kupu-kupu dan capung, bentuk larva jauh berbeda dengan bentuk dewasa. Larva kupu-kupu yang disebut ulat memiliki mulut tipe pengunyah, sedangkan kupu-kupu memiliki mulut tipe penghisap. Larva capung hidup di air, sedangkan capung dewasa hidup di darat dan dapat terbang. Namun demikian beberapa jenis serangga memiliki bentuk yang hampir sama saat baru menetas dengan saat dewasa. Contohnya adalah belalang, kecoa, dan jangkrik. Berdasarkan prosesnya, metamorfosis serangga dapat dibedakan menjadi dua, yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

a. Metamorfosis Sempurna



Metamorfosis sempurna ditandai dengan adanya fase yang disebut pupa atau kepompong. Bentuk larva dengan serangga dewasa jauh berbeda. Tahapan dalam metamorfosis sempurna adalah sebagai berikut. telur → larva pupa (kepompong) dewasa (imago) Telur menetas menjadi larva. Larva tidak memiliki sayap dan tanda-tanda sayap juga belum ada. Ketika berupa larva, serangga sangat aktif makan. Larva kemudian mengalami perubahan bentuk menjadi kepompong. Larva ada yang langsung membuat pupa, tetapi ada juga yang lebih dulu membuat pelindung dari daun yang dilipat, tanah atau pasir yang halus, sayatan kayu yang halus, dan bahan lainnya. Tempat perlindungan di sekeliling pupa disebut kepompong atau kokon. Pada tahap pupa, serangga tidak aktif makan, walaupun proses metabolisme tetap berlangsung. Setelah melewati tahap pupa, serangga akan menjadi dewasa (imago).

b. Metamorfosis Tidak Sempurna (Hemimetabola)



Serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna, bentuk serangga yang baru menetas (nimfa) tidak jauh berbeda dengan bentuk serangga dewasa (imago). Perbedaan yang mencolok adalah nimfa tidak memiliki sayap. Sayap akan tumbuh secara bertahap sehingga menyerupai bentuk dewasa. Secara umum nimfa dan serangga dewasa memiliki sifat yang sama. Contohnya pada jangkrik dan belalang. Urutan daur hidup serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah sebagai berikut.



2.      Metagenesis



Beberapa jenis hewan dan tumbuhan ada yang mengalami proses metagenesis. Metagenesis adalah proses pergiliran hidup yaitu antara fase seksual dan aseksual. Hewan dan tumbuhan yang mengalami metagenesis akan mengalami dua fase kehidupan, yaitu fase kehidupan yang bereproduksi secara seksual dan fase kehidupan yang bereproduksi secara aseksual. Metagenesis pada tumbuhan dapat diamati dengan jelas pada tumbuhan tak berbiji (paku dan lumut). Pada tumbuhan tersebut, pembentukan gamet jantan berlangsung di dalam antheridium dan gamet betina di dalam arkegonium. Jika gamet jantan membuahi gamet betina, maka akan terbentuk zigot. Zigot tumbuh menjadi individu yang menghasilkan spora. Generasi ini disebut fase vegetatif (aseksual) atau sporofit. Spora yang jatuh di tempat yang sesuai akan tumbuh menjadi individu baru yang menghasilkan gamet. Karena menghasilkan gamet, maka generasi ini disebut fase generatif (seksual) atau gametofit. Demikian seterusnya terjadi pergiliran keturunan antara fase gametofit dan sporofit. Tumbuhan lumut yang sering kamu jumpai merupakan fase gametofit. Sedangkan tumbuhan paku yang kamu lihat sehari-hari merupakan fase sporofit. Pergiliran keturunan antara fase sporofit dan gametofit itulah yang disebut metagenesis. Perhatikan Gambar 1.11(a). Beberapa hewan tingkat rendah juga mengalami metagenesis, contohnya Obelia dan Aurelia. Perhatikan metagenesis uburubur (Aurelia) pada Gambar 1.11(b). Dari gambar itu tampak jelas bahwa ubur-ubur (Aurelia) memiliki dua jenis kehidupan yaitu kehidupan saat menempel (polip) dan kehidupan bergerak bebas (medusa).

Event Karawang

Oke kali ini gue mau deritain tentang event paguyuban di karawang.
hem awalnya sih sempet males banget grgr latiannya yang rada ga jelas. tapi setelah dipikir pikir kapan lagi gue lomba ngewakilin kota Depok -_-

langsung aja deh..
tim kembang kelapa
sekitar 60 orang kita berangkt dari depok, yaa yang jelas kita naik bis.
planing dari sini kita berangkat jam 2 pagi.
hem, bisa lo bayangin kan, jam 2 pagi lo lagi ngapain?
gue yakin lo pasti lagi pada sleeping beauty, dan mungkin ada yang lagi di paris di singapore ya.. entah lah 

udah gitu ngumpilnya di lapangan snca lagi -_- ya.. lapangan sanca yang deket kuburan itu.
makin lengkap lah duasana hoyoy sebelum gue berangkat.

tim melayu
oke pas bis dateng kita langsung berangkat. tapi gue ga naik bis, gue naik mobilnya papi with "My Smara" ririn dan seto.

sepanjang perjalanan gue cuma tidur, ya karna gue tau beberapa jam lagi gue harus bertempur dengan jarak 2 km.

baru beberapa jam gue tidur tiba tiba udah sampe di SMAN1 Cikampek. jujur mata gue masih berat banget disitu. dan gue harus langsung make up. hem.. ngebayangin ga


tim pemusik
oke jam 7 kita harus udah di tempat start. tapi pas nyampe sana ternyata kita harus masih nunggu bapak gubernur yang terhormat dateng.
sekian lama kita nunggu,* ya ada lah 2 jam-an* baru tuh lomba di mulai.

ya awalnya gue semangat banget, dan sama sekali ga kebayang ternyata tuh jalanan s\meskipun cuma lurus tapi jauuh banget -_- mending kalo jalan doang. ini gue haris nari dengan kostum yang sebegitunya. rasanya gue mau lambaiin tangan kekamera *ga kuat gakuat*
ya tapi gue tetep senyum, dari senyum yang paling ikhlas ampe senyum yang paling kepaksa.
dari gerakan yang palinhg semangat ampe gerakan yang salah salahan.
dalam hati " buyset, ini jalan kaga selesai selesai" 

(ini foto foto pas lagi parade)

 



itu gue :D























dan di garis finish..
rasanya itu lega banget, gue mau cepet cepet lepas ni baju sama aksesoris di pala gue
setelah semua beres baju udah di ganti, make up udah bersih, gue        langsung naik ke mobil.

dan lo tau? kita dapet kabar kalo Depok Juara 2.
ah gila puas banget rasanya. perjuangan gue selama ini ga sia sia :D
CONGRATS buat tim dari Depok kemaren.(Y)






GNB

ini posting gue yang ke dua.
singkat aja ya..
kali ini gue pengen nyeritain tentang lomba gue pas di Balai Kota.
bagi gue ini lomba yang berkesan banget .
mau tau kenapa berkesan? bukan karna harga bbm naik sih yang pasti *ya iya laah*
oke langsung aja ya.

pas lomba di balai kota, SMN 4 depok, ngirim 3 tim.
tim yang pertama itu sebut aja tim Semara, kenapa tim smara? ya karna kita nariin tarian Semara Purnma lebih tepatnya dari JawaBarat. ada Arintyas, Ayu Lestari *gue*, Ayu Rahmawati, sama Ayu Setiowati. bingung ya kenapa ayu ayu begitu namanya? *sama gue juga* yang jelas nyokap kita ga janjian loh!
kita dapet nomer urut tampil ke-10 alias terakhir.

 

oke sekarang tim ke dua,
seperti sebelumnya. sebut aja tim dog dog lojor. sama tarian ini juga kalo gak salah dari jawa barat.
terdiri dari 4 orang, ada Yazid, Oji, Andrew, sama Arif.mereka dapet nomer urut tampik ke-9 ya sebelum gue lebih tepatnya.


dan tim yang terakhir ada cahaya dkk. maaf ya yang ga disebutin. soalnya banyak banget. *sepik
mereka dapet nomer urut tampil ke-2, ya rada jauh laah.


oke, tim gue ga boleh liat yang tampil sebelum kita. finaly, karna gue dapet nomer urut tampil terakhir, so gue ga bisa liat peserta yang lain tampil kecuali tim SMAN 4 depok.
jujur aja *asik jujur*, pas detik-detik mau tampil itu rasanya kaya ada yang main drum di deket gue, deg degan banget.

tapitapi, alhamdilillah, lancar walaupun ada miss sedikit
gue puas banget rasanya. fuiih lega deh! 

setelah itu yang gue tunggu cuma pengumuman, wish banget deh pokoknya.
lo tau betapa ngaretnya tuh pengumuman ampe gue harus nunggu sampe jam setengah 6 kalo gak salah.

dan pas pengmuman tibaa...
kata MCnya "juara 3 diraih oleh peserta nomor urut tampil *jeng jeng jeng jeng* S E P U L U H  SMAN 4 Depok Tim 1."
awalnya gue gak percaya "hah ini serina?" kita semua teriak teriak. *sebagai ekspresi senang kita walau sedikit kamseupay* 

*kembali hening*

MCnya ngomong lagi "juara 2 diraih oleh peserta nomer urut tampi *jeng jeng jeng jeng* S E M B I L A N SMAN4 Sepok tim 2."
dan ekspresi senang kamsuepay kita kembali terulang

buat juara 1nya yang jelas bukan Tim 3. oke yang bagian ini di skip aja.

yang penting kita pulang piala 2 deh.


congrats :)
oh iya thanks banget buat pembina kita Bu Ana, yang udah ngelatih plus ngedandannin kita. tanpa ibu kita ga ada apa apanya. WE LOVE YOU BU :)


SMAN 4 Depok

Huy guys ...
Firstly, gue mau ngucapin makasih banget buat nih, buat guru TIK gue sebut aja Pak Mul, 
gara gara beliau*cie beliau* ngasih tugas buat bikin blog, alhamdulillah sekarang gue punya blog. *sesuatu* 

Berhubung ini blog baru, kenalin dulu deh, nama gue Nikita Willy Ayu Lestari. Di sekolah gue biasa dipanggil Nikita Meimei. Mau tau gak kenapa gue dipanggil Nikita Meimei? kejadiannya udah lama banget, ya lebih tepatnya pas gue kelas 10. gue juga masih bingung ampe sekarang sebenernya. *yaudah ga usah dibahas kalo gitu -__-*. oke ganti topik, oh ya, gue sekolah di SMA Negeri 4 Depok.

Sering di sebut SWISS. gue juga kurang tau swiss itu singkatan dari apa. 
"swiss itu sekolah yang pernah kena heaptitis A kan?"
ya ya orang orang selalu bilang kaya gitu.
dan parahnya gue salah satu korban dari penyakit itu *miris -__-

tapi sekarang sekolah gue ini udah banyak banget perubahannya looh. jadi jauh lebih rapi, pohon pohon lucunya udah pada di pangkas menjadi taman taman lucu.kantin juga bersih, ya pokoknya banyak deeh
 ini sekilas tentang Profil SMA Negeri 4 Depok:

Nama Sekolah : SMA NEGERI 4 DEPOK
Keterangan: Sekolah Menengah Atas
Alamat: Jl.Jeruk Raya No.1 PSP Tapos Depok
Kota: Kota Depok
Propinsi: Jawa Barat
Kode Pos: 16454
Telepon: 021 8743464
Fax: 021 87743053
Email: sman4depok_sktn@yahoo.com      
Visi     : Menjadi SMA Negeri yang Berkwalitas Nasional pada tahun 2010
        dan mitra terdepan untuk mewujudkan Kota Depok sebagai 
        kota pendidikan yang berwawasan lingkungan.  
Misi     : 1.Membangun kerjasama yang sinergik dengan semua stake holder sekolah
        2.Memdorong terciptanya iklim kerja dan pembelajaran yang kondusif
        3.Menumbuh kembangkan peningkatan mutu pendidikan berbasis
           sekolah ( PMPBS )        
        4.Meningkatkan mutu proses dan produk pembelajaran
        5.Membina kegiatan  Ektrakurikuler yang berkualitas  
        6.Melengkapi dan memfungsikan sarana pembelajaran yang efektif

Mungkin udah sampe segit dulu posting pertama gue. bingung mau nulis apalagi.
sampai ketemu di posting berikutya :)